Ciri Khusus Bunga Raflesia


Ciri Khusus Bunga Raflesia

Ciri Khusus tanaman Raflesia

Ciri Khusus Bunga Raflesia – Tumbuhan ini banyak ditemui di hutan sumatera bagian selatan, terutama Bengkulu, Ciri Khusus Bunga Raflesia yang membedakan dengan bunga bangkai secara awam adalah bentuknya yang melebar (bukan tinggi) dan berwarna merah. Ketika mekar, bunga ini bisa mencapai diameter sekitar 1 meter dan tinggi 50 cm.

Ciri Khusus Bunga Raflesia

  • Bunga rafflesia tidak memiliki akar, tangkai, maupun daun
  • Jumlah kelopak Bunga Raflesia memiliki 5 buah mahkota
  • Di dasar bunga yang berbentuk gentong terdapat bunga sari atau putik, tergantung jenis kelamin bunga.
  • Ciri khusus bunga raflesia dapat mengeluarkan bau busuk seperti bangkai, Fungsinya untuk menarik perhatian serangga (lalat) agar datang dan membantu penyerbukan.
  • Keberadaan putik dan benang sari yang tidak dalam satu rumah membuat presentase pembuahan yang dibantu oleh serangga lalat sangat kecil, karena belum tentu dua bunga berbeda kelamin tumbuh dalam waktu bersamaan di tempat yang berdekatan.
  • Masa pertumbuhan bunga ini memakan waktu sampai 9 bulan, tetapi masa mekarnya hanya 5-7 hari. Setelah itu rafflesia akan layu dan mati.
  • Rafflesia merupakan tumbuhan parasit obligat pada tumbuhan merambat (liana) tetrasigma dan tinggal di dalam akar tersebut seperti tali.
  • Sampai saat ini Rafflesia tidak pernah berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya dan apabila akar atau pohon inangnya mati, Raflesia akan ikut mati. Oleh karena itu Raflesia membutuhkan habitat hutan primer untuk dapat bertahan hidup.

Tanaman bunga raflessia arnoldi termasuk dalam kerjaan sejenis dengan tumbuhan kingdom plantae, divisi mognoliophyta, kelas magnoliopsida, ordo raflesiaes, family raflesiaceae, genus rafflesia dan spesies R. arnoldi.

Tumbuhan Raflesia merupakan tumbuhan parasit yang hidup pada akar tumbuhan lain. Untuk memperoleh makanannya, Raflesia harus mengambil makanan dari tanaman lain karena tumbuhan ini tidak berklorofil sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis atau tidak dapat membuat makanan sendiri.

Bunga raflessia arnoldi merupakan tumbuhan liana yang tidak memiliki daun telinga sehingga dirinya tidak mampu melakukan proses fotosintesis.

Batang tumbuhan Raflesia terdiri atas jaringan benang halus yang tumbuh di dalam jaringan tumbuhan inangnya. Raflesia baru terlihat ketika kuncup bunganya menembus tumbuhan inang. Setelah itu lama-kelamaan ukuran bunga Raflesia akan terus membesar.

Raflesia merupakan bunga terbesar di dunia. Garis tengah Raflesia berukuran sekitar 1 meter. Ciri khusus bunga Raflesia adalah dapat mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Bau busuk yang dikeluarkan oleh Raflesia ini ternyata ada tujuan dan fungsinya.

Bunga rafflesia arnoldi merupakan salah satu jenis bunga langka dan memiliki bagian bagian bunga yang unik yang dilindungi keberadaannya oleh karena itu jika anda menemukan bunga ini sebaiknya menjaganya dengan cermat pada masa hidupnya yang singkat (hanya sampai 7 hari saja). bunga ini menjadi salah satu ikon untuk Indonesia terutama di daerah Bengkulu dan pulau sumatera.

Kenapa bau bunga Raflesia busuk? karena sengaja mengeluarkan bau busuk seperti bangkai berfungsi untuk menarik serangga (lalat) agar datang dan membantu penyerbukannya. Lalat memang sangat bermanfaat bagi Raflesia, karena Raflesia berkembang biak melalui penyerbukan yang dibantu oleh lalat.

Karakteristik bunga rafflesia arnoldi dan ciri ciri bunga rafflesia :

  • Bunga rafflesia arnoldi merupakan tumbuhan parasit yang tidak berakar, tidak berdaun dan tidak berbatang. Jadi, hanya ada bunganya saja
  • Ukuran bunga rafflesia arnoldi jika sedang mekar bisa berdiameter hingga 1 meter dengan beratnya bisa mencapai 11 kg.
  • Bunga rafflesia arnoldi merupakan tumbuhan yang merambat sehingga memiliki inang, dan tumbuhan inang ini akan diserap kandungan organic dan anorganicnya sebagai sumber makanana
  • Jumlah kelopak bunga rafflesia arnoldi berjumlah lima kelopak yang mengelilingi sebuah lubang seperti mulut gentong yang merupakan ciri khusus bunga Raflesia
  • Di dalam mulut gentong tersebut terdapat alat kelamin bunga bisa putik ataupun benang sari tergantung dari jenis kelaminnya apakah betina atau jantan, yang merupakan ciri khusus bunga Raflesia
  • Proses penyerbukan bunga ini dilakukan oleh hewan lalat karena lalat suka dengan bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga rafflesia.
  • Usia bunga rafflesia arnoldi sangat singkat hanya 5 hingga 7 hari saja dan setelah itu bunga akan layu dan mati. Sedangkan tidak tahu apakah bunga tersebut sudah melakukan penyerbukan atau belum.
  • Proses pembuahan yang terjadi pada saat masa hidup bunga rafflesia arnoldi sangatlah kecil prosentasenya karena di dalam satu bunga sangat jarang yang memiliki dua jenis kelamin sekaligus. Sedangkan yang menolong untuk melakukan pembuahan, hewan lalat juga tidak pasti apakah datang ke dalam bunga atau tidak.
  • Sampai saat ini belum ada orang yang berhasil mengembangbiakkan bunga rafflesia arnoldi secara sengaja, proses hidup bunga ini sangat tergantung dari keberadaan pohon inangnya (biasanya adalah akar dari pohon yang cukup besar). Oleh karena itu jika pohon di hutan tidak ada maka keberadaan bunga ini pun dipastikan tidak akan ditemukan.
  • Masa pertumbuhan bunga bangkai atau rafflesia arnoldi sangatlah lama hingga mencapai 6 bulan lamanya.
loading...

Ciri Khusus Bunga Raflesia

ciri ciri bunga raflesia, ciri khusus bunga raflesia, ciri bunga raflesia, ciri ciri raflesia, ciri-ciri bunga raflesia, ciri khusus raflesia, ciri raflesia, Ciri ciri bunga ra, tebu basi