Ciri Khusus Kuda Nil dan Fungsinya


Ciri khusus pada hewan kuda nil beserta fungsinya

Ciri khusus pada hewan kuda nil beserta fungsinya

Ciri khusus Kuda Nil dan fungsinya, hewan ini memiliki kulit yang berwarna kelabu gelap dengan tubuh yang besar, berat dan hampir tidak berambut, salah satu ciri khusus Kuda Nil mereka memiliki dua gigi taring panjang yang dapat tumbuh hingga 50 cm, fungsinya digunakan untuk untuk mempertahankan diri dan melawan serangan musuhnya.

Selain itu ciri khusus Kuda Nil memiliki rahang besar dan dapat terbuka lebar, hewan ini mempunyai empat kaki pendek dan gemuk, yang mampu berlari dengan cepat meskipun bertubuh besar dan berkaki pendek tersebut mereka mampu berlari untuk jarak pendek secepat 30 km/jam, dimana lebih cepat dari kecepatan lari manusia pada umumnya.

Disaat senja sudah datang, Hewan ini saatnya akan mencari makan, dan apabila sudah merasa kenyang, mereka akan kembali menghabiskan waktunya untuk berendam di dalam air hingga senja kembali datang, beberapa makanan Kuda nil senang memakan rumput, buah-buahan dan sayuran.

 

Ciri Khusus Kuda Nil dan Fungsinya

  • Memiliki rahang yang besar dan dua gigi taring panjang. Fungsi rahang dan gigi taring Kuda Nil berfungsi untuk mempertahankan diri dan melawan serangan musuh.
  • Mempunyai Kulit tebal yang mengeluarkan zat Sekresi. Fungsi zat sekresi kuda nil berfungsi sebagai penyaring sinar ultraviolet dari matahari
  • Memiliki Telinga, mata dan lubang hidung di atas kepala, yang berfungsi ketika tubuh Kuda Nil sedang berendam di dalam air, mereka masih bisa melihat, mendengar dan bernapas
  • Mempunyai Zat anti-bakteri yang berwarna merah muda pada kulit. Fungsi Zat anti-bakteri kuda nil berfungsi untuk melindungi dan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit pada kulitnya.
  • Memiliki empat jari jempol di setiap kaki, yang berfungsi untuk membantu berenang dan berjalan di atas permukaan yang licin.
  • Mempunyai otak yang dapat mengatur sistem peedaran darah, termasuk jantung yang beruan empat.
  • Mempunyai kelenjar susu, yang betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya.
  • Memiliki tiga tulang pendengaran dalam setiap telinga dan satu tulang dentari di setiap sisi rahang bawah.
  • Mamalia ini memiliki integumen yang terdiri dari tiga lapisan: paling luar adalah epidermis, yang tengah adalah dermis, dan paling dalam adalah hipodermis.

 

Perkembangbiakan hewan kuda nil

Pada hewan pejantan kerap kali bertengkar untuk memperebutkan hewan betina, perkawinan terjadi di dalam air, dimana hewan betina terendam di dalam air, kepalanya muncul secara berkala untuk menarik napas.

Bayi kuda nil lahir di dalam air ketika dilahirkan, dan harus berenang ke permukaan untuk menarik napas pertama. Bayi kuda nil memiliki berat antara 25 dan 50 kg dan panjang rata-rata sekitar 127 cm.

Dengan tingkat kelahiran yang kecil, Hewan Kuda Nil betina yang sedang mengalami perkembang biakan hanya bisa melahirkan 1 sampai 2 anak saja, meskipun kembar juga dapat terjadi. Umur Kuda Nil ini memiliki umur yang panjang, bisa berumur sampai lebih dari 50 tahun sehingga populasinya masih banyak.

Saat di air Bayi kuda nil akan berenang di dalam air untuk menyusu, selain itu bayi sering beristirahat di punggung betina apabila airnya terlalu dalambuat mereka. Betina sangat melindungi anak-anak mereka dan selalu menjaganya dari kejauhan.

loading...

Ciri Khusus Kuda Nil dan Fungsinya

ciri ciri kudanil, kuda nil fungsinya, manfaat kuda dalam bahasa inggris