Ciri Khusus Tumbuhan Talas Dan Fungsinya


Ciri khusus tanaman Talas dan fungsinya

Ciri khusus tanaman Talas dan fungsinya

Berikut adalah ciri ciri khusus tumbuhan Talas dan fungsinya, Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan monokotil atau biji berkeping dua, dengan sistem perakaran serabut pendek dan tumbuh dengan liar. Tumbuhan talas biasa ditemukan di tanah lembab, berair atau lumpur dan merupakan jenis tanaman umbian. Permukaan daunnya merupakan kedap air, karena terdapat lapisan Kutikula yang menjadika air akan mengalir langsung meninggalkan permukaan daun.

Ciri ciri khusus tumbuhan Talas dan fungsinya

  • Tanaman ini memiliki daun yang lebar, daun talas berbentuk seperti simbol hati/jantung, terdapat zat lilin pada daun talas atau lapisan kutikula
  • Fungsinya Lapisan Kutikula pada permukaan daun talas ini berfungsi untuk mengurangi penguapan air pada permukaan tanaman agar tanaman tidak cepat mati

Mengapa permukaan daun talas dilapisi zat lilin dan air tidak membasahi daun talas

Terdapatnya fungsi zat lilin pada daun talas yaitu agar air tidak bisa membasahi daun talas dan tidak bisa menyatu. disebut juga Lapisan kutikula yang melapisi dinding sel luar daun di permukaannya.

Salah satu ciri ciri khusus tumbuhan Talas, Lapisan kutikula daun talas sendiri sebenarnya rumit dan berlapis-lapis yang terdiri dari kutin yaitu suatu kombinasi asam lemak dengan 16 karbon dan 18 karbon. Seperti halnya ketika air disatukan dengan minyak maka tidak dapat bersatu, namun terdapat sekat pemisah antara keduaanya.

Jadi terdapatnya zat lilin ini adalah salah satu penyebab mengapa air di daun talas tidak bisa membasahi daun talas. berikut ini alasan kenapa daun talas tidak basah terkena air

  • Karena zat lilin tidak bisa tercampur dengan air, atau hampir sama juga seperti minyak dan air, sehingga air akan berada di atas lapisan lilin
  • Karena partikel air di atas lapisan lilin itu mengalami Gaya kohesi yang lebih besar dari gaya adhesi.

– Gaya adhesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel air dengan daun talas
– Gaya Kohesi adalah gaya tarik-menarik antarpartikel air

Selain lapisan kutikula pada daun Talas, zat kutikula juga terdapat pada daun pisang, tanaman kaktus, Jamur juga mempunyai lapisan kutikula.

 

Ciri ciri tumbuhan Talas dan fungsinya

1. Akar

Bentuk akar talas memiliki akar serabut, yang tersusun dari perakaran adventif, dengan tumbuh tegak mencapai kedalam 10-20 cm bahkan lebih. Akar talas termasuk salah satu tumbuhan tegak yang mempunyai akar liar, dangkal dan berserabut.

2. Batang

Batang tanaman talas mempunyai bentuk bulat memanjang, dengan panjang mencapai 50- 60 cm bahkan lebih, warna batang tanaman talas ini keungguan, kehitaman hingga kecoklatan, dan memiliki bulu halus. Batang tanaman talas tumbuh dengan tegak, dan juga memiliki percabangan daun tunggal. Secara umum batang tanaman talas dibungkus oleh daun dan berbentuk umbi.

3. Daun

Salah satu ciri ciri khusus tumbuhan Talas adalah memiliki daun sempurna atau lengkap, warna daun hijau muda hingga tua dengan bentuk melebar mencapai 50-60 cm bahkan lebih. Daun talas juga memiliki pertulangan besar atau menonjol, berwarna keputihan kotor, dan berbentuk menjari. Daun talas merupakan daun tunggal, pangkal daun meruncing, tangkai panjang berwarna keungguan atau keccoklatan.

4. Bunga

Bunga tanaman talas memiliki ukuran seludang 10 – 30 cm, terdiri dari beberapa tongkol yaitu tangkai dan seludang, bunga talas berwarna hijau hingga kemerahan. Bunga tanaman ini terpisah dengan bunga jantan dan betina, terletak pada bagian bawah dan atas. Penyerbukaan bakal buah di lakukan dengan bantuan angin, dan dengan bantuan hewan sekitar.

loading...

Ciri Khusus Tumbuhan Talas Dan Fungsinya

ciri ciri khusus talas, ciri khusus pada tumbuhan talas, fungsi dan ciri khusus dari talas, gambar mbote, habitat talas